“Khutbah Rasul SAW menyambut Ramadhan”

Bulan Ramadhan tinggal satu hari lagi. Itu artinya segenap kaum muslimin dan muslimat hendaknya melakukan persiapan dari sekarang menyambut bulan suci Ramadhan itu.

Kaitannya dengan menghadapi bulan Ramadhan, tepatnya pada akhir bulan Sya’ban Tahun II Hijriyah Rasulullah SAW mengumpulkan kaum muslimin, kemudian beliau berkhutbah yang isinya menerangkan keutamaan bulan Ramadhan dan keistimewaan ibadah puasa. Beliau juga mengemukakan amalan yang hendaknya dilakukan selama bulan Ramadhan itu.

Khutbah beliau saat itu adalah sebagai berikut:”Wahai sekalian manusia, sesungguhnya akan dinaungi kalian oleh bulan agung yang penuh keberkahan, bulan yang di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Allah telah menjadikan puasa di bulan itu sebagai suatu kewajiban dan mendirikan salat di malam harinya sebagai ibadah tathowwu.  Barang siapa yang mendekatkan dirinya kepada Allah SWT dengan suatu amal kebajikan di dalamnya, samalah dia dengan orang yang menunaikan suatu fardhu di bulan lain. Dan barang siapa yang menunaikan satu ibadah fardhu di dalamnya, samalah dia dengan orang yang mengerjakan tujuh puluh fardhu di bulan lain. Ramadhan itu bulan untuk melatih sabar, sedang sabar itu pahalanya adalah surga. Ramadhan itu adalah bulan memberikan pertolongan dan bulan di mana Allah menambah rizki kepada mukminin. Barangsiapa memberi makanan untuk berbuka kepada seseorang yang berpuasa adalah yang demikian itu merupakan pengampunan atas dosanya dan pembebas dirinya dari api neraka. Orang yang memberikan makanan untuk berbuka puasa, baginya pahala seperti pahalanya orang yang mengerjakan puasa itu tanpa dikurangi sedikitpun”.

Para sahabat berkata, “Ya Rasulullah, tidaklah kami semua memiliki makanan untuk orang yang berbuka puasa!”Rasulullah SAW bersabda’ “Allah memberikan pahala ini kepada orang yang memberi makan kepada orang yang berpuasa walaupun hanya sebutir kurma atau seteguk air atau sehirup susu. Dialah bulan yang permulaannya rahmat, pertengahannya ampunan, dan penutupnya pembebas dari neraka. Karena itu, perbanyaklah empat perkara di dalam bulan Ramadhan. Dua perkara untuk menyenangkan Tuhanmu dan dua perkara lagi yang kamu hajatkan. Dua perkara yang kamu lakukan untuk menyenangkan Allah ialah mengakui dengan sesungguhnya bahwasanya tidak ada Tuhan kecuali Allah dan memohon ampun kepada-Nya. Dua perkara lagi yang sangat kamu hajatkan ialah mohon surga dan perlindungan Allah dari neraka. Barangsiapa memberi minum kepada orang yang berpuasa, niscaya Allah memberi minum kepadanya dari sumber air kepunyaan-Nya dengan suatu minuman yang dia tidak akan merasakan haus lagi sesudahnya, sehingga ia masuk ke dalam surga.”

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kategori

  • Agustus 2009
    S S R K J S M
        Sep »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  

  • Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    alternative-media

    counter

    http://www.stafaband.info/embed-37463.html


    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    maison

    compteurs


    Web Counters


    Free Hit Counter